Materi Dasar Dasar Mananjemen
Definisi Manajemen
Malayu Hasibuan
Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif & efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
GR Terry
Manajemen merupakan suatu proses yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumber-sumber lainnya.
Harold Koontz dan Cyril O’Donnel
Manajemen adalah usaha mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain.
Manajemen to manage(mengatur)
Maka timbul pertanyaan :
-Apa yg diatur (What) 6M (Men, Money, Method, Material, Machined, Market)
-Kenapa harus diatur (Why) tujuan.
-Siapa yg mengatur (Who) pemimpin.
-Dimana harus diatur (Where) organisasi.
-Bagaimana mengaturnya (How) POAC.
Yang dimaksud 6M (Men, Money, Method, Material, Machined, Market) yaitu.
1.Man (SDM)
Manusia yang membuat tujuan dan manusia pula yang melakukan proses untuk mencapai tujuan.
2. Money (uang)
Uang merupakan salah satu unsur yang tidak dapat diabaikan. Uang merupakan alat tukar dan alat pengukur nilai. Besar-kecilnya hasil kegiatan dapat diukur dari jumlah uang yang beredar dalam perusahaan. Kegiatan berhubungan dengan berapa uang yang harus disediakan untuk membiayai gaji tenaga kerja, alat-alat yang dibutuhkan dan harus dibeli serta berapa hasil yang akan dicapai dari suatu
organisasi.
3. Materials (bahan)
Materi terdiri dari bahan setengah jadi (raw material) dan bahan jadi. Dalam dunia usaha untuk mencapai hasil yang lebih baik, selain manusia yang ahli dalam bidangnya juga harus dapat menggunakan bahan/materi-materi sebagai salah satu sarana. Sebab material dan manusia tidaki dapat dipisahkan, tanpa material
tidak akan tercapai hasil yang dikehendaki.
4. Machines (mesin)
Dalam kegiatan perusahaan, mesin sangat diperlukan. Penggunaan mesin akan membawa kemudahan atau menghasilkan keuntungan yang lebih besar serta menciptakan efesiensi kerja.
5.Methods (metode)
Dalam pelaksanaan kerja diperlukan metode-metode kerja. Suatu tata cara kerja yang baik akan memperlancar jalannya pekerjaan. Sebuah metode dapat dinyatakan sebagai penetapan cara pelaksanaan kerja suatu tugas dengan memberikan berbagai pertimbangan-pertimbangan kepada sasaran, fasilitas-fasilitas yang tersedia dan penggunaan waktu, serta uang dan kegiatan usaha.
6. Market (pasar)
Penguasaan pasar dalam arti menyebarkan hasil produksi merupakan faktor menentukan dalam perusahaan. Agar pasar dapat dikuasai maka
kualitas dan harga barang harus sesuai dengan selera konsumen dan daya beli konsumen.
TUJUAN MANAJEMEN.
Tujuan bersifat umum (menang), sedangkan
sasaran bersifat khusus (goal)
Tujuan Berdasarkan Tipenya
1) Profit Objectives Mendapatkan keuntungan
2) Services Objectives Memberikan pelayanan
3) Social Objectives Kesejahteraan masyarakat
4) Personal Objectives Kepuasan karyawan
CARA MENETAPKAN TUJUAN MANAJEMEN:
1) Tujuan harus jelas dan ditetapkan berdasarkan hasil analisis data, informasi, dan potensi yang ada.
2) Tujuan harus ditetapkan oleh manajer dengan petimbangan staf ahli yang berpengalaman
.
3) Setiap tujuan dalam suatu perush. harus menunjang keseluruhan tujuan bagian.
4) Tujuan harus mempunyai jangkauan tertentu dan memberikan kepuasan karyawan.
5) Tujuan harus realistis, masuk akal bagi karyawan yang mengerjakan.
6) Tujuan bersifat kontemporer, inovatif dan up to date.
7) Tujuan harus disesuaikan dengan kemampuan karyawan.
8) Tujuan harus berurutan menurut kepentingannya, sehingga perhatian dititikberatkan pada tujuan utama.
9) Tujuan harus berimbang, aneka macam tujuan sebaiknya tidak terlampau menekankan kepentingan tertentu.
Adapun Fungsi-Fungsi Manjemen yaitu:
Perencanaan (Planning)
Proses penentuan tujuan dan pedoman pelaksanaan dengan memilih yg terbaik dr alternatif yang ada.
Pengorganisasian (Organizing)
Proses penentuan, pengelompokkan, dan pengaturan bermacam-macam aktivitas untuk mencapai tujuan.
Pengarahan (Actuating)
Mengarahkan semua bawahan agar mau bekerjasama dan bekerja efektif untuk mencapai tujuan.
Pengendalian (Controling)
Pengukuran dan perbaikan terhdp pelaks kerja bawahan, agar rencana yg telah dibuat dpt terselenggara.
Kesimpulan
1.Manajemen adalah perpaduan antara ilmu pengetahuan dan seni.
2.Manajemen adalah proses yang sistematis, terkoordinasi, dan koperatif dalam usaha-usaha memanfaatkan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya
3.Manajemen mempunyai tujuan tertentu
4.Manajemen hanya dapat diterapkan pada sekelompok manusia yang bekerjasama secara formal serta mempunyai tujuan yang sama
5.Manajemen hanya merupakan alat untuk mencapai tujuan dengan efektif dan efisien
6.Dalam manajemen, kepemimpinan merupakan faktor yang sangat dominan
7.Manajemen merupakan sistem kerja sama yang kooperatif dan rasional
8.Manajemen didasarkan pada pembagian kerja, tugas, dan tanggungjawab yang teratur
0 Komentar